Rabu, 27 Januari 2016

PERKANTORAN

PERKANTORAN

Yang berkaitan dengan perkantoran di antaranya :
1. ALAT dan MESIN
2. DESAIN PERKANTORAN
Disini saya akan mengembangkan kedua topik diatas sesuai dengan kemampuan saya.
Alat dan Mesin


ALAT KANTOR


Alat yang terbuat dari alam dalam bahasa inggris disebut “office furnishings” atau “office furniture”, meliputi : kursi, meja, almari arsip, lemari besi, rak, perlengkapan untuk menyimpan warkat-warkat, ATK, kertas, dll.
Terdapat dua komponen alat yang sangat banyak digunakan dan paling penting dalam kegiatan perkantoran yaitu Meja tulis(termasuk meja ketik) dan Kursi. Oleh sebab itu kedua komponen alat kantor tersebut sangat dianjurkan untuk dilakukan langkah penelaahan secukupnya terutama dalam pemilihan dari segi bentuknya, ukurannya, dan juga pertaliannya antara meja dengan jarak lantai yang harus disesuaikan. 


Meja yang baik yaitu meja yang memenuhi syarat sebagai berikut :







1. Dari permukaan meja hingga lantai tidak semuanya tertutup, pada bagian bawahnya mempunyai kaki-kaki yang cukup terbuka sehingga terdapat sirkulasi udara yang masuk dengan lancar dan tidak menyebabkan efek pada kaki pegawai terasa panas. Dan juga apabila meja bagian bawahnya terbuka memudahkan untuk membersihkan lantai.

2. Sebaiknya pada permukaan meja tidak boleh berkilat-kilat yang akan menyilaukan mata pegawai. Permukaan meja itu hendaknya tidak berwarna hitam apalagi terlampau gelap, hal ini akan menyebabkan mata pegawai akan cepat lelah karena bertentangan antara warna permukaan meja yang gelap dengan warna kertas yang pada umumnya berwarna putih, sebaiknya permukaan meja tersebut diberi warna muda dan terang.

3. Luas meja tidak harus terlampau berlebihan, permukaan yang terlalu luas dalam kenyataannya juga tidak di pergunakan untuk bekerja melainkan untuk menyimpan berkas-berkas atau alat-alat lainnya yang seharusnya disimpan di lemari atau rak tersendiri.
Adapun macam-macam meja sebagai berikut :
  1.  Meja tulis biasa.
  2. Meja kerja pejabat pimpinan.
  3. Meja tulis dengan laci ganda.
  4. Meja kerja khusus dengan perlengkapan tambahan.
  5. Meja tulis yang dapat di ubah menjadi meja ketik.
  6. Setelah permukaan dipindahkan dan mesin ketik di munculkan.
Dalam proses pengukuran meja kantor telah lazim digunakan 3 satuan hitung, yaitu : Lebar (widht), Dalam (depht), dan Tinggi (height).

Kursi yang baik yaitu kursi yang memenuhi syarat sebagai berikut :
  Kursi yang dibelakangnya memiliki sandaran yang tegak dan lurus.
  Kursi harus disesuaikan dengan bentuk badan.

 Didalam suatu perkantoran terdapat alat-alat untuk menyimpan kearsipan, ada juga ATK.







MESIN KANTOR
Mesin perkantoran (office machine) merupakan alat yang digunakan untuk mencatat, mengirim, mengganda, dan mengelola bahan keterangan yang bekerja secara mekanis, magnetic, elektris, elektronis, dan juga kimiawi.
Beberapa macam mesin perkantoran yang umum digunakan diantaranya :
  1. Mesin hitung (calculating machine)
  2. Mesin ketik (typewriter)
  3. Mesin komunikasi (communication equipment)
  4. Mesin keperluan surat menyurat (mailing equipment)
  5. Mesin dikte (dictating machine)
  6. Mesin pengganda warkat (ducplicator/copier)
Tata ruang kantor yang baik menurut saya akan tampak lebih indah dan juga rapi apabila menggunakan perabot/alat/mesin yang seragam. Hal ini akan menimbulkan rasa nyaman dan puas dihati.








DESAIN PERKANTORAN


Kantor merupakan sebuah ruangan atau bangunan tempat runtutan kegiatan TU terlaksana untuk memulai, membenahi, mengembangkan dan mengawasi aktivitas usaha. Pada umumnya sebagian pegawai kantor menganggap bahwa kantor merupakan rumah keduanya, hal ini tidak heran karena mengingat begitu banyaknya waktu yang dihabiskan didalam kantor untuk bekerja. Nah karena anggapan sebagian dari pegawai bahwa kantor dijadikan rumah kedua, sangat penting bagi kita untuk mendesain kantor menjadi senyaman mungkin. Desain dari kantor sangat berpengaruh terhadap kepuasan hati para pegawai. Suasana ruang kantor yang nyaman dan indah akan memberikan semangat para pegawai untuk melaksanakan pekerjaannya.


Perhatikan Peletakan Meja Kerja

Alangkah baiknya, meja di letakkan dari arah datangnya sinar matahari. Karena akan membuat ruangan tersebut terlihat lebih cerah dan terang. Bahkan ada yang berpendapat bahwa jika bekerja dekat dengan datangnya sinar cahaya akan mengalirkan energi atau kekuatan pada tubuh serta pikiran pada saat bekerja.

Peletakkan Komputer

Yang harus diperhatikan berikutnya adalah cara peletakkan komputer yang baik dan tepat. Karena komputer, kerja memiliki energi yang cukup besar terhadap kinerja kerja anda. Oleh karena itu, sebaiknya meletakkan komputer kerja harus dengan posisi senyaman mungkin. Dan hindari pemakaian aksesoris komputer yang terlalu berlebihan di atas meja kerja,, ini bertujuan agar tidak menghambat pergerakan anda dalam bekerja didepan komputer.



Penataan Tempat Duduk Yang Baik

Apabila cara meletakkan kursi dilakukan dengan tidak tepat akan mempengaruhi dalam proses bekerja pegawai. Menurut saya hindari penataan kursi yang menghadap ke dinding atau yang membelakangi jendela.

Atur Penataan File-file Serapi Mungkin

Untuk file-file yang bersifat penting sebaiknya diletakkan di atas meja kerja sebelah kiri, karena file-file tersebut akan mudah untuk diraihnya kembali tanpa dengan susah payah karena meletakkan file-file penting apabila terlalu jauh dari posisi duduk saat bekerja.
Jangan Memasang Furniture pada Pintu
Menurut saya sebaiknya pintu tidak boleh dipasang dengan semacam furniture apapun, mengapa tidak boleh?? Karena menurut saya dengan hal ini bertujuan agar pintu dapat terbuka dengan lebar tentunya dapat membuat orang lebih leluasa untuk keluar masuk ruangan.

Peletakkan Telepon
Lebih baik posisi telepon diletakkan sesuai dengan kebiasaan anda ketika menggunakan tangan untuk menelpon, dan jangan meletakkan telepon terlalu jauh (sulit dijangkau) karena dapat menghambat anda dan akan membuat anda tidak nyaman.
Desain Dinding (warna cat)
Menurut saya desain dinding pada suatu ruang kantor yang lebih tepat dan cocok merupakan desain yang modern dan minimalis, tentunya yang dapat memberikan kesan yang indah dan enak untuk dilihat. Dan pemilihan warna saat ini dianggap sangat penting. Penerapan warna yang tepat dapat meningkatkan kinerja dan suasana hati karyawan, warna yang lebih tepat merupakan warna-warna yang cerah seperi warna merah, orange, biru, ungu,dll.
 
Berikut contoh desain ruang kantor












Tidak ada komentar:

Posting Komentar